“Apoteker Cilik” (Kegiatan Fun Games Prodi S1 Farmasi)

Minimnya pengetahuan siswa sekolah tentang profesi apoteker menjadikan Dosen dan Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Lamongan tergerak untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “FUN GAMES” APOTEKER CILIK, BERSAMA APOTEKER MENGENAL OBAT SEJAK DINI.

Kegiatan ini dilaksanakan SMP Negeri 2 Lamongan pada hari senin tanggal 27 September 2021 oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Lamongan yang dipimpin oleh apt. Primanitha Ria Utami, M.Farm selaku Dosen Farmasi.

Tujuan utama pengabdian masyarakat kali ini adalah untuk mengenalkan profesi apoteker kepada siswa dan siswi tingkat SMP dengan beberapa metode, yaitu: 1) Shuffle pharmacist random card, peserta permainan akan diminta untuk mengocok kartu yang berisi gambar obat, logo obat, bentuk sediaan obat, jenis obat, cara pakai obat secara bergiliran dan memainkan instruksi sesuai yang ada di masing-masing kartu yang telah didapatkan. 2) Guess the word pharmacy, panitia menyiapkan 1 lembar teka-teki acak kata yang berkaitan dengan profesi apoteker, lokasi apoteker yang dapat ditemui, nama beberapa macam obat bebas bebas, obat bebas terbatas, logo obat, bentuk sediaan obat,jenis obat, dan cara pakai obat. Peserta diberi waktu untuk berpikir menemukan kata yang pas untuk menyusun rangkaian kata sesuai “clue” yang diberikan oleh panitia. 3) Snake and ladder Medicine, di setiap kotak ular tangga terdapat pertanyaan tentang materi yang telah di sampaikan, misalnya “siapa itu apoteker?” atau “DAGUSIBU”. Siswa yang berdiri diatas ular atau tangga yang berisi pertanyaan atau pernyataan harus menjawab dan menjelaskan tentang poin yang tertera di kotak tersebut dibantu oleh tim nya. dan 4) Fast right class of medicine, panitia menyiapkan poster yang berisi gambar-gambar yang telah ditempel pada poster, gambar tersebut diantaranya berisi gambar obat, logo obat, bentuk sediaan obat, jenis obat, cara pakai obat, dan contoh nama obat. Peserta diminta secara cepat untuk menebak jawaban panitia dengan tepat, sambil menunjuk salah satu gambar yang ada di poster.

Menurut Primanitha dan Devi (dosen pelaksana), kegiatan ini menunjukkan hasil yang positif yaitu siswa dapat mengenal tentang profesi Apoteker dan cara menggunakan obat dengan benar, sedangkan Hj. Yayuk Setia Rahayu, S.Pd., S.Sn., M.Pd. selaku kepala sekolah SMP Negeri 2 Lamongan mengharapkan kegiatan seperti ini akan selalu ada untuk meningkatkan tingkat pengetahuan siswa dan masyarakat dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *