Image of Formulasi dan Uji Karakteristik Fisik Sediaan Lip Balm  Dari Sari Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizuz L.)

Text

Formulasi dan Uji Karakteristik Fisik Sediaan Lip Balm Dari Sari Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizuz L.)



ABSTRAK
Rokmah, Sya’irotu. 2022. Formulasi dan uji karakteristik fisik sediaan lip balm dari sari buah naga merah (hylocereus polyrhizus L). Karya Tulis Ilmiah Program Studi D3 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan.(1) Diah Indah Kumala Sari, M. Farm. (2) Susanti, M.Farm.
Bibir bagian wajah yang sensitif dan dapat mengalami kerusakan akibat udara, asap dan sinar matahari yang dapat menimbulkan radikal bebas sehingga membutuhkan perlindungan agar tetap terjaga kelembababnya. Buah naga merah (Hycolereus polyrhizus L) dipilih sebagai zat aktif karena memiliki kandungan vitamin C yang dapat digunakan sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang diformulasikan sebagai sediaan lip balm.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui uji karakteristik fisik dan mengukur tingkat uji hedonik dari lip balm sari buah naga merah (Hycolereus polyrhizus L). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorium di Lab teknologi farmasi Universitas Muhammadiyah Lamongan. sari buah naga merah diperoleh dengan cara di blender dan di oven selama 30 menit pada suhu 40°C sehingga dibuat formula sediaan lip balm dengan konsentrasi sebesar 5%, 10% dan 17,5%. Selanjutnya dilakukan uji karakteristik fisik sediaan lip balm meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji daya sebar dan uji hedonik.
Hasil uji organoleptis menunjukkan tidak ada perbedaan secara signifikan terhadap sediaan untuk warna dan aroma, tetapi pada bentuk semakin tinggi konsetrasi sari buah maka sediaan semakin berminyak. Uji homogenitas menunjukkan ke empat sediaan homogen dengan ditandai tidak ada butiran atau partikel-partikel pada sediaan. Uji pH pada sediaan kontrol berkisar 6,16-6,29 dan yang menggunakan bahan aktif sari buah berkisar 4,52-5,76. Uji daya sebar sudah memenuhi persyaratan 3-5 cm. Uji Hedonik menunjukkan bahwa sediaan yang paling disukai untuk warna adalah kontrol, f1 dan f2. Aroma f1 dan f3 memiliki khas bunga oleum rossa, aroma yang dihasilkan tersebut membuat responden merasa lebih segar atau fresh Tekstur f1 dan f2, tekstur yang dihasilkan f1 dan f2 sangat lembut tidak terlalu berminyak saat diaplikasikan pada kulit akan tetapi mampu membuat kulit lembab.
Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sediaan lip balm dengan konsentrasi 10% (F2) merupakan sediaan yang baik karena sudah memenuhi persyaratan dan banyak disukai oleh responden.
Kata kunci : Lip Balm, Karakteristik Fisik, Sari Naga Merah.


Ketersediaan

0227/UMLA/KTIFAR/22000.04.22.0227PerpustakaanTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
000.04.22.0227
Penerbit Umla Press : Lamongan.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this